Hasil Kegiatan PKL

 HASIL YANG DICAPAI PADA KEGIATAN PKL

                                        

1. UKBM
Kegiatan pemberdayaan masyarakat 10 KK berjalan dengan lancar . Hal ini ditandai dengan antusias warga yang tinggi selama kegiatan berlangsung. Setelah dilakukan penyuluhan perubahan pengetahuan warga seperti bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh operator. Hasil yang tercapai :
Warga dapat menjawab pertanyaan pada setiap penyuluhan tentang  masalah pada gigi dan mulut seperti karang gigi dan gigi berlubang, cara menyikat gigi yang baik dan benar , makanan yang merusak dan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut
Untuk kegiatan Pelatihan Kader meningkatnya pengetahuan dengan ditandai dengan perpandingan hasil pre test dan post-test selain itu  operator juga mengajukan tanya jawab kepada peserta setelah pelaksanaan kegiatan , dan peserta pelatihan kader mampu memahami, bertanya dan mengerti mengenai materi yang telah disampaikan dan dapat menjawab pertanyaan secara lisan.

2. PELAYANAN ASUHAN
Sasaran satu keluarga yang terdiri dari 3 orang yaitu kepala keluarga ,ibu hamil dan anak diberikan penyuluhan tentang kebersihan gigi dan mulut seperti penyebab dan cara mengatasi karang gigi, kemudian penyuluhan tentang gigi berlubang dan penyuluhan tentang makanan yang merusak dan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut .
Kemudian penyuluhan tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar serta demonstrasi menyikat gigi dengan bimbingan operator. Setelah dilakukan penyuluhan dan demonstrasi tersebut terdapat perubahan pengetahuan sasaran seperti bisa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh operator. Hasil yang tercapai :
1.Sasaran dapat menjawab pertanyaan pada setiap penyuluhan tentang  masalah pada gigi dan mulut seperti karang gigi dan gigi berlubang, cara menyikat gigi yang baik dan benar , makanan yang merusak dan yang baik untuk kesehatan gigi dan mulut.
2.Sasaran bisa mempraktekan secara langsung teknik menggososk gigi yang baik dan benar

3. PELATIHAN KADER
Kegiatan pelatihan kader berjalan dengan lancar . Hal ini terlihat dari antusiasme dan perhatian yang tinggi dari peserta pelatihan  kader .Ditandai dengan operator mengajukan tanya jawab kepada peserta setelah pelaksanaan kegiatan , dan peserta pelatihan kader mampu memahami, bertanya dan mengerti mengenai materi yang telah disampaikan dan dapat menjawab pertanyaan secara lisan.
Dengan terlaksananya kegiatan pelatihan kader diharapkan peserta pelatihan kader  mampu melakukan pemberdayaan masyarakat terutama pada lingkungan keluarga dan dapat meningkatkan pengetahuan  tentang kesehatan gigi dan mulut



HAMBATAN DAN CARA MENGATASINYA
1.Hambatan Teknis
-Kurang tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat
-Kondisi pada masa pandemi seperti ini yang mengakibatkan keterbatasan kegiatan seperti hasil pemeriksaan keadaan rongga mulut yang hanya dilakukan dengan pertanyaan menggunakan kuisioner dan keterbatasan  jaringan dan media (HP) untuk dilakukan kegiatan dengan metode daring.Serta hanya dilakukan kegiatan promotif saja cara mengatasinya dilakukan rujukan untuk kasus perawatan gigi ke pusat pelayanan kesehatan gigi dan mulut
2.Hambatan program
Terbatasnya waktu untuk melaksanakan kegiatan PKL dikarenakan kesibukan kegiatan setiap anggota keluarga untuk keperluan pribadi ataupun mengurusi perkerjaan rumah tangga cara mengatasinya yaitu mengatur jadwal untuk dilaksanakan kegiatan PKL dengan sebaik mungkin, agar warga merasa nyaman dan tidak terganggu.

SARAN
1.Pihak Desa
a.Mendukung adanya kegiatan kesehatan gigi dan mulut (UKGM) di posyandu dengan pelatihan kader dibimbing oleh tenaga kesehatan gigi.
b.Melakukan kerjasama dengan pihak Puskesmas sebagai tempat rujukan  yang tidak dapat dilakukan perawatan dan terjadinya kecelakaan yang tidak diduga sebelumnya dalam kegiatan UKBM
2.Pihak Puskesmas
a.Melakukan penyuluhan mengenai kesehatan gigi dan mulut kepada kader, agar kader mampu melakukan tindakan pencegahan kepada peserta didik.
b.Melakukan monitoring mengenai kebiasaan menjaga kesehatan gigi dan mulutnya selama 2 minggu sekali.
3.Bagi Masyarakat
Meningkatkan peran aktif masyarakat agar dapat memelihara kesehatan gigi dan mulutnya, dengan cara menyikat gigi secara teratur, mengatur pola makan dan selalu memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali ke puskesmas, klinik gigi, dokter gigi atau rumah sakit.


Posting Komentar

0 Komentar